cover
Contact Name
Wisudani Rahmaningtyas
Contact Email
wisudani.rahmaningtyas@mail.unnes.ac.id
Phone
+6281226410644
Journal Mail Official
eeaj@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Perumahan Ungaran Indah, Jalan Handayani IV nomor 8B, Kelurahan Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Economic Education Analysis Journal
ISSN : 22526544     EISSN : 2502356X     DOI : 10.15294
Core Subject : Economy, Education,
Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. Economics content: Substantive issues, new ideas, and research findings in economics that may influence or can be used in the teaching of economics. Economics instruction: Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Issues involving the way economics is taught are emphasized. Online: The Online section identifies exemplary material for teaching and learning economics that is interactive or otherwise not conducive to traditional printed-page format. It features noncommercial work by economists and educators who are creating teaching materials using innovative electronic technology. Features and information: Reports on the status and events that influence academic economists (the labor market, status of women and minorities, and developments within graduate and undergraduate programs).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 48 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal" : 48 Documents clear
PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI PEMBELAJARAN PEMBANGUNAN EKONOMI SMA NEGERI 2 SLAWI Febrianto, Agung
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI materi pembelajaran pembangunan ekonomi SMA Negeri 2 Slawi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 120 siswa dengan sampel 100 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 47,5%. Secara parsial keterampilan mengelola kelas berpengaruh sebesar 54,4% dan gaya mengajar guru berpengaruh sebesar 36,6%. Dengan keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru yang baik, akan meningkatkan keaktifan belajar siswa. The aim of this research is to know the impacts of classroom management skills and teaching styles of teachers on student activities class learning materials economic development XI SMA Negeri 2 Slawi. This research is quantitative research, with amount of population was 120 students with a sample of 100 students. The data analysis methods were descriptive and multiple linear regression. The data input methods used are questionnaires. The results showed that there is simultaneously classroom management skills and teaching styles of teachers on student activities class of 47.5%. Partially classroom management skills effect of 54.4% and styles teachers teaching effect of 36.6%. With a good classroom management skills and teaching styles of teachers are high, will increase student activities class.
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XII IPS SMA MUHAMMADIYAH 01 PATI Susilowati, Dian
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan metode TGT dengan ceramah bervariasi dan lebih efektif dibandingkan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang diawali menentukan populasi dan memilih sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Pati, dan sampel penelitian ini yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dengan uji paired sample t-test menunjukan nilai sig sebesar 0.000, pengujian hipotesis kedua dan ketiga dengan uji independent sample t-test menunjukan nilai sig sebesar 0,023 yang artinya lebih kecil dari level of significant (α) yaitu sebesar 0,05, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar dan keefektifan metode TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus. The purpose of this study was to determine whether the TGT learning methods can improve student learning outcomes, there is a difference in student learning outcomes with the adoption of IGT with lectures varied and more effective than the lecture method varies. This study is a quasi-experimental study that begins to determine the population and selecting a sample of the population. The population in this study were all students of class XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Starch, and samples of this study are class XII IPS 1 as the experimental class and the class as a class XII IPS 3 control using simple random sampling technique. The first hypothesis test with paired samples t-test showed sig of 0000, the second and third hypothesis testing with independent sample t-test showed sig test was 0.023, which means less than the level of significant (α) is equal to 0.05, Therefore, there is an increase in learning outcomes, differences in learning outcomes and the effectiveness of the method TGT. The results show that the learning method TGT can improve student learning outcomes, indicate a difference in learning outcomes and more effective in improving student learning outcomes in basic competencies specific journals.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP 2 SMK PALEBON SEMARANG Paminingsih, Eni
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada mengidentifikasi surat atau dokumen kantor kelas XI AP 2 SMK Palebon Semarang masih rendah. Kendala di SMK Palebon Semarang adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa masih merasa takut dan malu untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,14%. Pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa dengan persentase sekor sebesar 62%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,14%. Pada siklus I diperoleh prestasi belajar siswa sebesar 62,50% dengan rata-rata hasil belajar siswa 74,6. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 80%  dengan rata-rata hasil belajar siswa 83,8. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative intregated reding and composition pada kompetensi dasar mengidentifikasi surat atau dokumen kantor. Based on the early observation of achievement study interest basing to Identify Letter or Document SMK Palebon Semarang class XI AP 2 was still low. The constraint at SMK Palebon Semarang is the active of student in learning processes is still low, student is still have cold feet and shame to ask if there are no push from the the teacher, the teacher is still less in developmental variation teaching. The research result showed that the students’ activeness in cycle II increased as 22,14%. In the cycle I, the students’ activeness with the score percentage was 62%. In cycle II it improved to 84,14%. In cycle I, the students’ learning achievement reached 62,50% with the average score 76,4. In cycle II, the learning achievement increased to 80% with the average score 84,14. The conclusion is that there was an improvement toward the students’ activeness and learning achievement treated by using cooperative intregated reading and composition model for the Interest Basing to Identify Letter or Document.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KOMPETENSI DASAR SURAT MENYURAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 2 SALATIGA Fadhilah, Fatmawati Nur
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI AP-3 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Kegiatan dalam setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh total skor 36 dari 10 aspek yang diamati, dan hasil perhitungan aktivitas belajar siswa diperoleh persentase sebesar 72%, nilai tersebut dalam kategori tinggi. Pada penilaian aktivitas belajar siswa siklus II meningkat dengan total skor 42 dari 10 aspek yang diamati, dan hasil perhitungan aktivitas belajar siswa diperoleh persentase sebesar 84%, nilai tersebut dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 3 pada Kompetensi Dasar Surat Menyurat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).   The purpose of this research is to improve students' learning activities in class XI SMK PGRI 2 Salatiga. Subjects in this study were class XI AP-3 is 31 students. This study was conducted in two (2) cycles. Activities in each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that students' learning activities in the first cycle obtained a total score of 36 out of 10 aspects were observed, and the calculation results obtained by the percentage of student learning activity by 72%, the value is in the high category. In the assessment of student learning activities second cycle increased by a total score of 42 out of 10 aspects are observed, and the calculation results obtained by the percentage of students' learning activities by 84%, the value is in the very high category. Based on these results, we can conclude that there is an increase in the activity of the students of class XI Administration 3 on the Basic Competence Correspondence through cooperative learning model Think Pair Share (TPS).
PENGGUNAAN MODEL VISUALISASI “PUZZLE” BERBANTU STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK SEPULUH JARI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM PEMBELAJARAN MENGETIK MANUAL PADA SMK NEGERI 2 SEMARANG Wardani, Siska Prawidya
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengetik manual merupakan salah satu mata pelajaran kompetensi kejuruan bersifat keterampilan yang bertujuan untuk mengajarkan siswa bagaimana mengetik secara baik dengan menggunakan sistem 10 jari buta. Pembelajaran mengetik manual di kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 2 Semarang memiliki indikasi keterampilan yang kurang memuaskan. Permasalahan penelitian ini adalah adakah peningkatan keterampilan mengetik 10 jari siswa setelah menggunakan model visualisasi puzzle berbantu stiker bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan keterampilan 10 jari dalam mengetik manual. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan  diperoleh hasil rata-rata keterampilan mengetik 10 jari siklus I sebesar 56%, siklus II sebesar 65%, siklus III sebesar 76%. Kesimpulannya adalah penggunaan model visualisasi puzzle berbantu stiker bergambar pada mata pelajaran mengetik manual dapat meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.   Manual typing is one of the subjects of vocational competence is a skill that aims to teach students how to type properly with systems using 10 fingers blind.Additionally. Learning to type manually in Office Administration class X 1 SMK Negeri 2 Semarang has a less satisfactory indication of skill. The research problem is there any 10 finger typing skills enhancement students after using the model -assisted visualization sticker puzzle picture. The purpose of this study is to find out is there an increase in skill 10 fingers of manual typing. The research procedure is a cyclical activity that consists of three cycles, each cycle including planning, implementation, observation, and reflection. This research instrument is a matter of observation and evaluation sheets. Research that has been undertaken obtained an average yield 10 finger typing skills by 56 % the first cycle, the second cycle of 65 %, the third cycle of 76%. The conclusion was that the use of the model -assisted visualization sticker puzzle picture on the subjects of manual typing can increase the 10 finger typing skills.
PENGARUH PELAKSANAAN OJT (ON THE JOB TRAINING) DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014 Mutmainah, Siti
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh OJT (On The Job Training) dan peran orangtua terhadapminat berwirausaha pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Semarang tahunajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansiSMK Negeri 2 Semarang sebanyak 108 siswa dan sampel dalam penelitian adalah seluruh populasi yangberjumlah 108 siswa. Metode pengump ulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Metode analisis datayang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa ada pengaruh positif antara OJT dan peran orangtua terhadap minat berwi rausaha. Hasil penelitiandiperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 27,396+0,233X1+0,892X2+e. Kontribusi OJT dan peranorangtua terhadap minat berwirausaha secara silmutan sebesar 29,8%. Besarnya pengaruh secara parsial variabelOJT sebesar 4,54% dan besarnya pengaruh secara parsial variabel peran orangtua sebesar 16,08%. Berdasarkanhasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh OJT dan peran orangtua terhadap minat berwirausaha siswakelas XII kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Semara ng tahun ajaran 2013/2014 baik secara simultanmaupun parsial. This research has purpose for knowing effect of OJT (On The Job Training) and parent’s fungtion toward interesting inentrepreneurship simultaneously and partially students class XII accounting skills competence in Vocational High School State2 Semarang year 2013/2014. The population of this research is all students class XII accounting skills comp etence inVocational High School State 2 Semarang as many as 108 students and sample of this research is all of population as many as108 students. Data collection method was used a questionnaire method. Data collection method was used a questionnairemethod. Method of data analysis is descriptive analysis and multiple regression analysis. The results obtained by multiplelinear regression equation is Y = 27,396+0,233X1+0,892X2+e. Contribution of OJT and parent’s fungtion toward interestingin entrepreneurship simultaneously was 29,8%. The amount of influence partially from OJT variable was 4,54% and fromparent’s fungtion variable partially was 16,08%. Based on the results of the study can concluded that there was the influence ofOJT and parent’s fungtion toward interesting in entrepreneurship class XII student accounting skills competence in VocationalHigh School State 2 Semarang year 2013/2014 either simultaneously or partially.
PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG WAWASAN GLOBAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG Sidiq, Taufan Amirus
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh presepsi siswa tentang wawasanglobal dan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomiakuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 95 siswa untuk dijadikan respondenpenelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Metodeanalisis data menggunakan deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh wawasan global dan kreativitas guru dalampembelajaran terhadap hasil belajar sebesar 26,5%. Secara parsial wawasan global guruberpengaruh sebesar 6,10% dan kreativitas guru dalam pembelajaran berpengaruh sebesar 4,79%.Dengan wawasan global dan kreativitas guru yang baik, akan meningkatkan hasil belajar. The purpose of this study was to determine the effect of global insight and creativity of teachers in teaching tothe learning outcomes of economic subjects accounting class XI IPS SMA Neg eri 12 Semarang in the academicyear 2012/2013. This research is quantitative, with a population of 124 students, a sample taken 95 studentsto serve as research respondents. Data collection methods used are documentation and questionnaires. Methodsof data analysis using descriptive and multiple linear regression. The results showed that there are significantsimultaneous global insight and creativity of teachers in learning to learn is the result of 26.5%. Partially globalinsights influential teacher of 6.10% and the creativity of the teacher in the learning effect of 4.79%. Withglobal insight and creativity of a good teacher, will improve learning outcomes.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MELAKUKAN PROSEDUR KEARSIPAN MENGGUNAKAN KARTU KENDALI DENGAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS XI-AP SMK PSM RANDUBLATUNG BLORA TAHUN AJARAN 2013/2014 Yuliani, Wahid Sri
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Observasi awal di SMK PSM Randublatung Blora kelas XI Administrasi Perkantoran ditemukanbahwa keterampilan siswa dalam prosedur mengarsip menggunakan kartu kendali masih rendah.Hal ini dapat dilihat dari proses pengisian kartu kendali masih banyak yang salah dan tidakrangkap tiga, selain itu siswa dalam mengarsip banyak yang bertanya dengan temannya. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK PSM Randublatung Blora tahun ajaran 2 013/2014.Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes evaluasi untukmengetahui hasil belajar siswa. Instrumen non tes berupa lembar pengamatan keterampilan siswa.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata tingkat keterampilan siswa sebesar 61,71%termasuk dalam kategori cukup. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata -rata tingkatketerampilan siswa sebesar 85,79% termasuk dalam kategori sangat baik. Based on the first observation, is students grade XI AP SMK PSM Randublatung Blora founded that students;skill in archives procedure using control card is still low. It can be seen from t he mistake on the filling of controlcard and it is not triplicate. Besides, there are many students that ask to their friends in achieving. The subjectof this research is students grade XI AP SMK PSM Randublatung Blora year 2013/2014. Test instrument isevaluation test to know the students’ studying result. Non test instrument is a sheet of skill observation and asheet of students’ activity observation. Observation result on cycle I show that the average of studentskill is 61,71% include in enough category. Meanwhile, the cycle II show that the average of student skill is85,79% include in very good category.© 2014 UniversitasNegeri Semarang
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X A PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KUMON BERBANTUAN MODUL “GENERAL JOURNAL TRAINING MODULE” DI SMK NU WAHID HASYIM TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014 Himawati, Hanif
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui metode pembelajaran kumon berbantuan modul “general journal trainingmodule” dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar Jurnal Umum Perusahaan Jasa kelas XAK SMK NU Wahid Hasyim Talang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang terdiri dari 2 siklus. Metode analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian siklus Isiswa yang tuntas belajar 19 siswa (76%) dan tidak tuntas 6 siswa (24%) dengan rata-rata kelas 78,2, sedangkansiklus II siswa yang tuntas belajar 22 siswa (88%) dan tidak tuntas belajar 3 siswa (12%) dengan rata-rata kelas81,08. Adapun aktifitas siswa terhadap pembelajaran siklus I adalah 88% dan siklus II mencapai 100%.Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 73% dan siklus II mencapai 82%. Simpulan daripenelitian ini adalah metode pembelajaran kumon berbantuan modul”general journal training module” dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Laporan Jurnal Umum Perusahaan Jasa. Research purposes to determine the Kumon method assisted learning modules "general journal training module" can improve learning outcomes accounting basic competency Journal of Public Com panies Accounting classX SMK NU Wahid Hasyim Talang academic year 2013/2014 . This research is a class act consisting of twocycles. The analyze data collection method is a descriptif method. The results of students who completed thefirst cycle study 19 students (76 %) and did not complete 6 students (24%) with an average grade of 78.2 , whilethe second cycle students who pass the study 22 students (88%) and did not pass the study 3 students (12 %)with an average grade 81.08 . The activities of students towards learning first cycle was 88 % and the secondcycle reaches 100 % . While the teacher in the learning activities of the first cycle reaches 73 % and the secondcycle to 82 % . Conclusions from this research is a method of learning can improve stude nt learning outcomes inbasic competencies Junal Reports Commercial Services Company.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SQUARE BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN Utami, Hornit Winasista
Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal
Publisher : Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif model Think Pair Squareberbantuan video pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa pada Kompet ensi Dasar (KD) menyusunlaporan keuangan perusahaan jasa kelas XI IPS SMA 11 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Rancanganpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain Control Group Pretest-Postest. Metode analisis datayang digunakan yaitu analisis deskriprif, uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan, dan uji ketuntasan belajarklasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas namun tidak efektif. Adanyapeningkatan kreativitas ditunjukan dari thitung(8,13) yang lebih besar dari ttabel(2,07) dan dikatakan tidak efektifkarena uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan tidak menunjukan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrolditunjukan dengan thitung(0,28) kurang dari ttabel (2,01), uji ketuntasan belajar b elum tuntas secara klasikalditunjukan dari 79% siswa yang tuntas kurang dari 80 % dan hanya analisis deskriprif yang menunjukan aktivitaskreatif kelas eksperimen(cukup aktif) lebih baik dari kelas kontrol (kurang aktif). The purpose of this study was to determine the effectiveness of cooperative learning model Think Pair Squarevideo -assisted learning in improving students' creativity on Basic Competency to prepare financial statementsXI IPS SMA 11 Semarang academic year 2012/2013 . The research design used in this study is the design ofpretest-posttest control group. Data analysis methods used are deskriprif analysis , test the average difference ofthe right hand , and the completeness of classical learning test . The results showed that there was an increasein creativity but not effective . An increase creativity shown from tcount(8.13) greater than ttable(2.07) and is saidto be effective because of the difference in average test the right hand does not show the experimental classes arebetter than control classes indicated by tcount(0.28) is less than ttable(2.01) , the test is not yet complete masterylearning classical indicated 79 % of students who completed less than 80 % and only deskriprif analysis thatshows the creative activity of the experimental class (quite active) better than the control class (less active).

Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 3 (2023): Economic Education Analysis Journal Vol 12 No 2 (2023): Economic Education Analysis Journal Vol 12 No 1 (2023): Economic Education Analysis Journal Vol 1 No 1 (2023): Economic Education Analysis Journal [Special Issue] Vol 11 No 3 (2022): Economic Education Analysis Journal Vol 11 No 2 (2022): Economic Education Analysis Journal Vol 11 No 1 (2022): Economic Education Analysis Journal Vol 10 No 3 (2021): Economics Education Analysis Journal Vol 10 No 3 (2021): Economic Education Analysis Journal Vol 10 No 2 (2021): Economics Education Analysis Journal Vol 10 No 2 (2021): Economic Education Analysis Journal Vol 10 No 1 (2021): Economic Education Analysis Journal Vol 10 No 1 (2021): Economics Education Analysis Journal Vol 9 No 3 (2020): Economics Education Analysis Journal Vol 9 No 3 (2020): Economic Education Analysis Journal Vol 9 No 2 (2020): Economics Education Analysis Journal Vol 9 No 2 (2020): Economic Education Analysis Journal Vol 9 No 1 (2020): Economics Education Analysis Journal Vol 9 No 1 (2020): Economic Education Analysis Journal Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal Vol 8 No 3 (2019): Economic Education Analysis Journal Vol 8 No 2 (2019): Economics Education Analysis Journal Vol 8 No 2 (2019): Economic Education Analysis Journal Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal Vol 7 No 3 (2018): Economic Education Analysis Journal Vol 7 No 2 (2018): Economic Education Analysis Journal Vol 7 No 1 (2018): Economic Education Analysis Journal Vol 6 No 3 (2017): Economic Education Analysis Journal Vol 6 No 2 (2017): Economic Education Analysis Journal Vol 6 No 1 (2017): Economic Education Analysis Journal Vol 5 No 3 (2016): Economic Education Analysis Journal Vol 5 No 2 (2016): Economic Education Analysis Journal Vol 5 No 1 (2016): Economic Education Analysis Journal Vol 4 No 3 (2015): Economic Education Analysis Journal Vol 4 No 2 (2015): Economic Education Analysis Journal Vol 4 No 1 (2015): Economic Education Analysis Journal Vol 3 No 3 (2014): Economic Education Analysis Journal Vol 3 No 2 (2014): Economic Education Analysis Journal Vol 3 No 1 (2014): Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 3 (2013): Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 2 (2013): Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 1 (2013): Economic Education Analysis Journal Vol 1 No 2 (2012): Economic Education Analysis Journal Vol 1 No 1 (2012): Economic Education Analysis Journal More Issue